7:37 AM
0
Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan requestterhadap content dari Internet atau intranet.
Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.




Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah "agen keamanan" untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall.
1. Percobaan 1 : Install Proxy Server 

1) Instalasi Proxy Server (squid3) #apt-get install squid3 







2. Percobaan 2 : Konfigurasi dan ujicoba Proxy (ACL = Access Control list) 


1) Setelah berhasil melakukan instalasi squid, lakukan pengkonfigurasian pada file squid.conf.  





2) Buka squid.conf dengan menuliskan perintah :  #nano /etc/squid3/squid.conf 




Tambahkan konfigurasi berikut :  acl jaringan src 19.19.19.0/255.255.255.0 acl aku src 19.19.19.19 /255.255.255.0    dan aktifkan konfigurasi tersebut dengan menambahkan script berikut :  http_access allow aku  http-access deny jaringan 


3) Simpan konfigurasi diatas, dan lakukan restart pada squid proxy dengan perintah : #service squid restart 





4) Setting proxy pada browser sesuai dengan yang dibuat tadi 

  


5) Kemudian Masuk ke browser buka selain IP Address 19.19.19.19 






6) Lalu ketika membuka IP Address 19.19.19.19 akan bisa digunakan 






3. Konfigurasi dan ujicoba Proxy (Auth - Htpasswd) 


1) Lakukan konfigurasi proxy menggunakan password dengan perintah :  

#htpasswd –c /etc/squid3/password user_name_kamu 


2) Kemudian masuk pada file squid.conf dan setting seperti dibawah ini 






3) Restart squid3  





4) Kemudian Buka browser dan ketikan url. Nantinya akan muncul autentifikasi proxy 





Bandwith, Delay, Dan Jiter 

1. Pengertian Bandwith Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Atau definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekuensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi 

A. Penjelasan tentang Bandwidth 
Bandwidth adalah suatu nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit/detik atau yang biasanya di sebut dengan bit per second (bps), antara server dan client dalam waktu tertentu. Atau definisi bandwidth yaitu luas atau lebar cakupan frekwensi yang dipakai oleh sinyal dalam medium transmisi. Jadi dapat disimpulkan bandwidth yaitu kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang dipakai untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Fungsi bandwidth adalah untuk menghitung transaksi data. 

B. Definisi bandwidth digital dan analog 
Apa itu bandwidth digital dan analog? Dlam sebuah jaringan komputer bandwidth terbagi menjadi dua macam diantaranya bandwidth digital dan analog dan penjelasannya di bawah ini: 
  • Bandwidth digital yaitu volume ataupun jumlah suatu data (dalam satuan bps atau bit per second) yang bisa dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi. 
  • Bandwidth analog yaitu merupakan suatu perbedaan antara frekuensi yang terendah dan frekuensi yang tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) yang bisa menentukan banyaknya informasi atau data yang dapat ditransmisikan dalam suatu saat. 

2. Pengertian Delay 

Delay merupakan keterlambatan dalam waktu transmisi data dari pengirim dan penerima, satuan dari delay adalah sekon (detik). Delay adalah waktu tunda yang disebabkan oleh proses transmisi dari satu titik ke titik lain yang menjadi tujuannya. Delay dalam jaringan TCP/IP dapat digolongkan sebagai berikut : 

a. Packetization Delay       
Delay yang disebabkan oleh waktu yang diperlukan untuk proses pembentukan paket IP dari infomasi user. Delay ini hanya terjadi sekali, yaitu di source informasi. 

b. Queuing Delay     
Delay ini disebabkan oleh waktu proses yang diperlukan oleh router didalam menangani antrian transmisi paket di sepanjang jaringan. Umumnya delay ini sangat kecil , kurang lebih 100micro second. 

c. Delay Propagasi     
Proses perjalanan informasi selama didalam media transmisi, misalnya SDH, coax atau tembaga, menyebabkan delay yang disebut dengan delay propagasi. 

d. Transmission Delay      
Transmission Delay adalah waktu yang diperlukan sebuah paket data untuk melintasi suatu media. Transmission delay ditentukan oleh kecepatan media dan besar paket data. 

e. Processing delay      
Processing delay adalah waktu yang diperlukan oleh suatu perangkat jaringan untuk melihat rute, mengubah header, dan tugas switching lainnya. 

3. Pengertian Jiter 
Jiter merupakan variasi dari delay atau selisih antara delay pertama dengan delay selanjutnya.Jitter adalah variasi waktu dari sinyal periodik dalam elektronik dan telekomunikasi, sering kali dalam kaitannya dengan sumber referensi jam. 
Jitter dapat diamati dalam karakteristik seperti frekuensi berturut-turut pulses, amplitude sinyal, atau fasa dari sinyal periodik. Jitter adalah signifikan, dan biasanya tidak diinginkan, faktor dalam desain hampir semua sambungan komunikasi (misalnya, USB, PCI-e, SATA, OC-48). Dalam jam pemulihan aplikasi disebut waktu jitter.      

Jitter dapat di kuantifikasi dalam hal yang sama seperti semua waktu bervariasi sinyal, misalnya, RMS, atau puncak-ke-puncak. Lainnya juga seperti waktu-sinyal bervariasi, Jitter dapat dinyatakan dalam hal kepadatan spektral (frekuensi konten). 
      
Perioda Jitter adalah interval antara dua kali efek maksimum (atau minimum efek) dari sinyal karakteristik yang berbeda secara teratur dengan waktu. Frekuensi Jitter, semakin sering dikutip sebagai nilai, dari kebalikannya. Secara umum, Jitter frekuensi rendah sangat tidak menarik dalam merancang sistem, dan rendahnya frekuensi cutoff untuk Jitter biasanya ditentukan pada 1 Hz. 


Terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bisa bermanfaat sebagai media interaktif pembelajaran.

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Server_proksi

#Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

0 comments:

Post a Comment